A. Profil Lulusan

  1. Guru bidang studi Pendidikan Agama Buddha yang profesional (memiliki kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional);
  2. Guru prasekolah dan dasar (memiliki kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional);
  3. Manager pendidikan / kepala sekolah / koordinator sekolah / supervisor (memiliki kompetensi manajerial dan kepemimpinan);
  4. Tenaga kependidikan (memiliki kompetensi administrasi kependidikan);
  5. Peneliti / akademisi (memiliki kompetensi metodologi penelitian dan kepekaan masalah nyata);
  6. Entrepreneur (memiliki kreativitas kewirausahaan dan kepemimpinan);
  7. Social Worker (pekerja sosial) di bidang pendidikan (memiliki kepekaan dan interaksi sosial);
  8. Konselor (memiliki kompetensi di bidang bimbingan dan konseling).

B. Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Sikap Dan Tata Nilai
    a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan;
    j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Pengetahuan
    a. Mengkonstruksi nilai-nilai pendidikan berdasarkan kitab suci Agama Buddha;
    b. Mengembangkan model-model pembelajaran berdasarkan kitab suci Agama Buddha melalui riset interdisiplin dengan memanfaatkan teknologi;

    c. Mengembangkan praktik hidup berkesadaran dalam konteks pendidikan keagamaan Buddha;
    d. Mengembangkan keterampilan manajerial dan kepemimpinan;
    e. Mengembangkan keterampilan administrasi pendidikan;
    f. Mengembangkan keterampilan metodologi penelitian dan masalah sosial;
    g. Mengembangkan pengetahuan di bidang entrepreneurship berdasarkan kitab suci agama Buddha;
    h. Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Keterampilan Umum
    a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
    b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
    f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
    h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. Keterampilan Khusus
    a. Mengembangkan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional; 
    b. Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Buddha; 
    c. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran; 
    d. Menciptakan inovasi  pembelajaran di bidang pendidikan agama Buddha; 
    e. Mengelola unit/lembaga/institusi pendidikan formal dan nonformal secara inovatif; 
    f. Melaksanakan dan mengelola administrasi sekolah formal dan nonformal; 
    g. Melaksanakan dan mengembangkan hasil penelitian bidang pendidikan, agama, dan keagamaan;
    h. Mengembangkan kecakapan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan buddhis; 
    i. Mengembangkan kecakapan entrepreneurship buddhis; 
    j. Mengembangkan kecakapan bimbingan dan konseling buddhis; dan
    k. Mengembangkan keterampilan berbahasa secara lisan dan tulisan.

     

C. Distribusi Mata Kuliah